Konsumen Masih Diperlakukan Diskrimatif

Written By komputer emanbelas on Senin, 18 Maret 2013 | 00.02





Konsumen Masih Diperlakukan Diskrimatif





Penulis : Fabio Lopes | Minggu, 17 Maret 2013 | 20:16 WIB












JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumen di Indonesia sampai saat ini masih mendapatkan perlakuan yang diskriminatif dari dunia bisnis. Hal ini harus menjadi perhatian serius dari pemerintah, untuk menindak tegas pelaku usaha yang memberikan pelayanan kurang baik bagi konsumen.


Ahmad Fayumi, Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta, mengemukakan itu, ditemui seusai peringatan Hari Konsumen Sedunia, di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (17/3/2013).


Menurut Ahmad, harga produk-produk barang di Indonesia setiap hari mengalami kenaikan, dan cenderung tidak memperhatikan tingkat ekonomi masyarakat. Selain itu, sebagian produk impor yang saat ini beredar, bisa menimbukan penyakit bagi konsumen.


Ahmad berpendapat bahwa Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) seharusnya mengadakan kerja sama dengan lembaga lainnya, untuk melakukan advokasi kepada pemerintah terhadap kebijakan yang dinilai merugikan konsumen.


"Peran YLKI di Jakarta hanya efektif di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Namun di daerah-daerah lain yang terpencil, peran YLKI belum terlalu dirasakan oleh masyarakat," ungkap pria berusia 22 tahun ini.   


Hal yang sama juga dipaparkan Muhammad Hadi Nainggolan, salah seorang warga yang ditemui Kompas pada acara tersebut. Ia menyatakan, perlindungan terhadap konsumen di Indonesia masih jauh harapan.


"Banyak sekali kasus yang memperlihatkan bahwa kepentingan bisnis jauh lebih diatas daripada kepentingan konsumen," tutur Muhammad.


Muhammad mengaku sering mengalami perlakuan diskriminatif, ketika ada keterlambatan dari maskapai penerbangan tertentu, konsumen hanya diberikan informasi saja. Namun apabila konsumen yang mengalami keterlambatan, tiket yang sudah dibeli langsung dinyatakan tidak berlaku lagi.


Oleh karena itu, ia mengharapkan agar pendampingan yang dilakukan oleh YLKI harus lebih masif lagi.



















Anda sedang membaca artikel tentang

Konsumen Masih Diperlakukan Diskrimatif

Dengan url

http://thatendangerdiets.blogspot.com/2013/03/konsumen-masih-diperlakukan-diskrimatif.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Konsumen Masih Diperlakukan Diskrimatif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Konsumen Masih Diperlakukan Diskrimatif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger